Sang Juara Safety 3: Safety adalah Sebuah Jalan Hidup

23 November 2011

Artikel ini adalah lanjutan dari seri artikel yang membahasa salah satu “Juara Safety” dari  12 Perusahaan dengan kategori America's Safest Companies in 2010 versi EHS Magazine.

EuroKera North America’s (EKNA) adalah perusahaan di Amerika yang memproduksi berbagai fasilitas memasak berbahan kaca keramik.

Safety Process di perusahaan yang menjadi salah satu “Juara Safety” dengan kategori America's Safest Companies in 2010 versi EHS Magazine ini dijadikan contoh keksuksesan safety process dalam sebuah buku yang berjudul Removing Obstacles to Safety yang ditulis oleh Judy Agnew.

Berikut ini adalah poin poin mengenai kondisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di perusahaan tersebut :

·         Prinsip “Removing obstacles” yang juga dibahas dalam buku “Removing Obstacles to Safety” artinya adalah tidak memasang fasilitas berupa peralatan atau perlengkapan  apapun di perusahaan sebelum  dilakukan safety evaluation termasuk inspeksi yang dilakukan oleh South Carolina Occupational Safety and Health Administration terhadap  peralatan/ perlengkapan tersebut.

·         “Safety adalah jalan hidup pilihan perusahaan kami. Kami menerapkan prisnisp “Zero Tolerance” terhadap perilaku yang tidak menutamakan keselamatan saat berada di pusat produksi kaca keramik kami. Kami juga melarang berkendaraan sambil mabuk akibat konsumsi minuman keras. Kelalaian akan membawa kita dan keluarga dalam sebuah resiko yang berbahaya.”  (Dawn Scott, vice President of Human Resources)

·         Safety adalah kunci indikator dan faktor terpenting untuk kesuksesan perusahaan. Kami menghabisakan banyak waktu dengan semua karyawan yang sudah seperti keluarga sendiri. BBS program kami (program dengan hal utama mengenai LOTO dan pengurangan kebisingan) sudah berhasil mengurangi angka insiden yang terjadi di perusahaan. (Bill Mountain, Presiden Direktur)

·         Presiden Direktur bertanggungjawab terhadap program K3 di EKNA untuk mencegah terjadikan kecelakaan kerja dan kerusakan fasilitas perusahaan. (David Andrews, QEHS Supervisor)

·         Konsultan South Carolina OSHA  menyebut program  LOTO di EKNA (untuk setiap peralatan di perusahaan ) sebagai “LOTO Kelas Dunia”.

·         Pengurangan kebisingan menjadi fokus di EKNA untuk menghapuskan kebutuhan menggunakan APD pelindung pendengaran di area manapun. EKNA telah menghabiskan ratusan hingga ribuan dolar untuk membeli peralatan dengan kebisingan sangat rendah, hingga kini karyawan di area produksi tidak perlu memakai APD pelindung pendengaran.

 

Semoga para rekan Pro Safety dapat terinspirasi.

Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah

Sumber: lorco.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)

By Kang Aa Widi Safari




Baca juga
16 Maret 2017
10 Poin Penting yang Harus Dipahami Pekerja Tentang Perencanaan Tanggap Darurat
Perusahaan harus memiliki prosedur untuk menghadapi keadaan darurat atau bencana, yang diuji secara berkala untuk mengetahui keandalan pada saat kejadian yang sebenarnya.

3 Maret 2017
PPOK, Penyakit Paru Akibat Paparan Debu dan Asap yang Mengancam Jiwa Pekerja
PPOK awalnya mungkin tidak menunjukkan gejala atau hanya gejala ringan. Gejala baru akan muncul ketika

21 Februari 2017
[INFOGRAFIS] Hari Peduli Sampah Nasional 2017: Fakta Sampah di Laut Indonesia
Isu pencemaran sampah di laut ini semakin mencuat sejak dipublikasikannya hasil penelitian Jenna Jambeck, 2015 yang berjudul "Plastic waste inputs from land into the ocean"

21 Februari 2017
Suspensi, Komponen Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Safety Helmet
Safety helmet merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang wajib digunakan untuk melindungi para pekerja dari bahaya terkena benda jatuh dari atas, terkena benturan, dan bahaya listrik.

13 Februari 2017
Panduan Inspeksi dan Perawatan Pelindung Pendengaran, Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan Pekerja!
Untuk meminimalkan risiko, para pekerja wajib menggunakan pelindung pendengaran saat bekerja di lingkungan yang mengandung paparan kebisingan melebihi 85 dB. Anda bisa menggunakan earplug atau earmuff yang memiliki nilai NRR (Noise Reduction Rate) sesuai nilai kebisingan di area kerja.