Sang Juara Safety 3: Safety adalah Sebuah Jalan Hidup

23 November 2011

Artikel ini adalah lanjutan dari seri artikel yang membahasa salah satu “Juara Safety” dari  12 Perusahaan dengan kategori America's Safest Companies in 2010 versi EHS Magazine.

EuroKera North America’s (EKNA) adalah perusahaan di Amerika yang memproduksi berbagai fasilitas memasak berbahan kaca keramik.

Safety Process di perusahaan yang menjadi salah satu “Juara Safety” dengan kategori America's Safest Companies in 2010 versi EHS Magazine ini dijadikan contoh keksuksesan safety process dalam sebuah buku yang berjudul Removing Obstacles to Safety yang ditulis oleh Judy Agnew.

Berikut ini adalah poin poin mengenai kondisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di perusahaan tersebut :

·         Prinsip “Removing obstacles” yang juga dibahas dalam buku “Removing Obstacles to Safety” artinya adalah tidak memasang fasilitas berupa peralatan atau perlengkapan  apapun di perusahaan sebelum  dilakukan safety evaluation termasuk inspeksi yang dilakukan oleh South Carolina Occupational Safety and Health Administration terhadap  peralatan/ perlengkapan tersebut.

·         “Safety adalah jalan hidup pilihan perusahaan kami. Kami menerapkan prisnisp “Zero Tolerance” terhadap perilaku yang tidak menutamakan keselamatan saat berada di pusat produksi kaca keramik kami. Kami juga melarang berkendaraan sambil mabuk akibat konsumsi minuman keras. Kelalaian akan membawa kita dan keluarga dalam sebuah resiko yang berbahaya.”  (Dawn Scott, vice President of Human Resources)

·         Safety adalah kunci indikator dan faktor terpenting untuk kesuksesan perusahaan. Kami menghabisakan banyak waktu dengan semua karyawan yang sudah seperti keluarga sendiri. BBS program kami (program dengan hal utama mengenai LOTO dan pengurangan kebisingan) sudah berhasil mengurangi angka insiden yang terjadi di perusahaan. (Bill Mountain, Presiden Direktur)

·         Presiden Direktur bertanggungjawab terhadap program K3 di EKNA untuk mencegah terjadikan kecelakaan kerja dan kerusakan fasilitas perusahaan. (David Andrews, QEHS Supervisor)

·         Konsultan South Carolina OSHA  menyebut program  LOTO di EKNA (untuk setiap peralatan di perusahaan ) sebagai “LOTO Kelas Dunia”.

·         Pengurangan kebisingan menjadi fokus di EKNA untuk menghapuskan kebutuhan menggunakan APD pelindung pendengaran di area manapun. EKNA telah menghabiskan ratusan hingga ribuan dolar untuk membeli peralatan dengan kebisingan sangat rendah, hingga kini karyawan di area produksi tidak perlu memakai APD pelindung pendengaran.

 

Semoga para rekan Pro Safety dapat terinspirasi.

Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah

Sumber: lorco.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)

By Kang Aa Widi Safari




Baca juga
16 Januari 2017
Swing Fall Hazard, Bahaya Tersembunyi yang Sering Diabaikan Pekerja Saat Bekerja di Ketinggian
Terjatuh dari ketinggian merupakan salah satu jenis kecelakaan yang cukup sering terjadi di hampir semua jenis industri. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari penggunaan alat pelindung jatuh yang tidak tepat atau tidak layak, area kerja yang tidak aman, hingga pekerja mengabaikan prosedur bekerja di ketinggian yang telah ditetapkan.

12 Januari 2017
10 Kebiasaan Ini Sebaiknya Dilakukan Safety Manager Dalam Menerapkan K3 Di Perusahaan
Pemimpin yang memiliki sistem manajemen K3 modern lebih mengutamakan keterlibatan karyawan atau dikenal dengan "bottom up involvment"

9 Januari 2017
Sudah Tepatkah Cara Anda Menggunakan Disposable dan Reusable Respirator? Ini Tipsnya!
Pelindung pernapasan memiliki model dan ukuran yang berbeda. Hal ini akan berpengaruh pada cara penggunaan dan pemeriksaannya ketika digunakan.

3 Januari 2017
Bahaya Getaran Pada Alat Kerja, Pekerja Berisiko Terkena Hand-Arm Vibration Syndrome
Pekerja yang tangannya terpapar alat-alat kerja yang bergetar dalam jangka waktu yang cukup lama berpotensi besar mengalami gangguan fungsi tangan, salah satunya hand-arm vibration syndrome (HAVS). Jika dibiarkan, para pekerja yang tangannya terpapar alat-alat tersebut bisa mengalami kerusakan pembuluh darah, kehilangan sensoris secara permanen, kerusakan tulang dan otot menjadi lemah.

3 Januari 2017
7 Poin Penting Tentang Izin Kerja (Work Permit) yang Harus Diketahui Pekerja dan Supervisor
Mengapa pekerja perlu membuat surat izin kerja sebelum memasuki atau melaksanakan pekerjaan berbahaya? Siapa yang berwenang mengeluarkan izin kerja? Jenis pekerjaan apa saja yang memerlukan izin kerja? Berapa lama masa berlaku surat izin kerja?

Pembayaran

  • BCA
  • No. Rek 777 – 0876553
    An. PT SAFETY SIGN INDONESIA

Tentang Kami

PT Safety Sign Indonesia 

Ruko Maple Kav E
Jl. Raya Gunung Batu No. 201
Bandung 40175
Jawa Barat - Indonesia

  • Phone 1 : 022 8606 5300 
  • Phone 2 : 022 601-0505
  • Mobile 1 : 0817 215 215
  • Mobile 2 : 0811 2257 997
  • Fax       : 022 2003 684 
  • Email    : marketing@safetysign.co.id

fb icon Linkedin

© 2016 Safety Sign Indonesia