Obat Ngantuk Saat Bekerja

23 November 2011

Mengantuk saat bekerja terutama dalam melakukan pekerjaan yang beresiko tinggi adalah hal yang sangat berbahaya bagi keselamatan. Bagi kita yang bekerja di balik meja pun bisa berbahaya apabila mengantuk karena konsentrasi berkurang dan misalnya ketika mengirim email, berpotensi salah melampirkan file atau mengirimkan email kepada orang yang seharusnya tidak mengetahui isi email tersebut.

Ketika mengantuk beberapa rekan kita tentunya akan menyarankan kepada kita agar mencari udara segar di luar kantor, menyalakan musik keras keras, dll. Rekan yang lain akan menyarankan untuk tidur sejenak selama 15-30 menit, karena satu satunya obat ngantuk adalah tidur.  Dan mungkin akan ada rekan Anda yang menyarankan kopi berkafein agar kita tetap terjaga.

Namun apa jadinya apabila malah ada yang  menyarankan meminum kopi berkafein sebagai obat ngantuk kemudian tidur sejenak selama 15-30 menit ?. Padahal justru yang selama ini kita tahu, kopi malah akan membuat kita terjaga sehingga kalau membuat terjaga bagaimana mungkin bisa tidur sejenak selama 15-30 menit ?.

Dalam sebuah artikel di The New York Times, ditulis bahwa dari serangkaian riset para peneliti tentang tidur di Inggris menemukan bahwa meminum secangkir kopi kemudian segera tidur sesaat selama 15 menit lebih efektif daripada hanya tidur sesaat atau meminum kopi saja.

Kenapa demikian ?.  Tidur sesaat membantu otak untuk membersihkan senyawa adenosine penyebab ngantuk. Sedangkan kafein baru akan mulai bereaksi sebagai obat ngantuk 20 menit kemudian setelah dikonsumsi.

Mau coba minum kopi lalu tidur sesaat biar kembali segar untuk bekerja..?

Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah

Sumber: safetyposter.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)

By Kang Aa Widi Safari




Baca juga
16 Maret 2017
10 Poin Penting yang Harus Dipahami Pekerja Tentang Perencanaan Tanggap Darurat
Perusahaan harus memiliki prosedur untuk menghadapi keadaan darurat atau bencana, yang diuji secara berkala untuk mengetahui keandalan pada saat kejadian yang sebenarnya.

3 Maret 2017
PPOK, Penyakit Paru Akibat Paparan Debu dan Asap yang Mengancam Jiwa Pekerja
PPOK awalnya mungkin tidak menunjukkan gejala atau hanya gejala ringan. Gejala baru akan muncul ketika

21 Februari 2017
[INFOGRAFIS] Hari Peduli Sampah Nasional 2017: Fakta Sampah di Laut Indonesia
Isu pencemaran sampah di laut ini semakin mencuat sejak dipublikasikannya hasil penelitian Jenna Jambeck, 2015 yang berjudul "Plastic waste inputs from land into the ocean"

21 Februari 2017
Suspensi, Komponen Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Safety Helmet
Safety helmet merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang wajib digunakan untuk melindungi para pekerja dari bahaya terkena benda jatuh dari atas, terkena benturan, dan bahaya listrik.

13 Februari 2017
Panduan Inspeksi dan Perawatan Pelindung Pendengaran, Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan Pekerja!
Untuk meminimalkan risiko, para pekerja wajib menggunakan pelindung pendengaran saat bekerja di lingkungan yang mengandung paparan kebisingan melebihi 85 dB. Anda bisa menggunakan earplug atau earmuff yang memiliki nilai NRR (Noise Reduction Rate) sesuai nilai kebisingan di area kerja.