Obat Ngantuk Saat Bekerja

23 November 2011

Mengantuk saat bekerja terutama dalam melakukan pekerjaan yang beresiko tinggi adalah hal yang sangat berbahaya bagi keselamatan. Bagi kita yang bekerja di balik meja pun bisa berbahaya apabila mengantuk karena konsentrasi berkurang dan misalnya ketika mengirim email, berpotensi salah melampirkan file atau mengirimkan email kepada orang yang seharusnya tidak mengetahui isi email tersebut.

Ketika mengantuk beberapa rekan kita tentunya akan menyarankan kepada kita agar mencari udara segar di luar kantor, menyalakan musik keras keras, dll. Rekan yang lain akan menyarankan untuk tidur sejenak selama 15-30 menit, karena satu satunya obat ngantuk adalah tidur.  Dan mungkin akan ada rekan Anda yang menyarankan kopi berkafein agar kita tetap terjaga.

Namun apa jadinya apabila malah ada yang  menyarankan meminum kopi berkafein sebagai obat ngantuk kemudian tidur sejenak selama 15-30 menit ?. Padahal justru yang selama ini kita tahu, kopi malah akan membuat kita terjaga sehingga kalau membuat terjaga bagaimana mungkin bisa tidur sejenak selama 15-30 menit ?.

Dalam sebuah artikel di The New York Times, ditulis bahwa dari serangkaian riset para peneliti tentang tidur di Inggris menemukan bahwa meminum secangkir kopi kemudian segera tidur sesaat selama 15 menit lebih efektif daripada hanya tidur sesaat atau meminum kopi saja.

Kenapa demikian ?.  Tidur sesaat membantu otak untuk membersihkan senyawa adenosine penyebab ngantuk. Sedangkan kafein baru akan mulai bereaksi sebagai obat ngantuk 20 menit kemudian setelah dikonsumsi.

Mau coba minum kopi lalu tidur sesaat biar kembali segar untuk bekerja..?

Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah

Sumber: safetyposter.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)

By Kang Aa Widi Safari




Baca juga
29 Juli 2016
Dampak Buruk Paparan Debu Kayu Bisa Sebabkan Occupational Asthma, Sudahkah Anda Menyadarinya?
Debu kayu atau wood dust dihasilkan dari pengolahan atau penanganan kayu, seperti pemotongan, pengampelasan, atau penyerutan.

25 Juli 2016
10 Tanya-Jawab Alat Pelindung Pernapasan, Penting Dipahami Pekerja Baru
Paparan zat berbahaya, seperti aerosol padat dan cair, debu, atau asap yang terhirup pekerja setiap harinya bisa menjadi penyebab munculnya

21 Juli 2016
Serba Serbi Manual Handling, Sejauh Mana Anda Memahaminya?
Bagaimana cara melakukan pengangkatan benda secara manual dengan baik dan benar?

18 Juli 2016
Standar Internasional EN 352: Panduan Memilih Alat Pelindung Pendengaran yang Tepat
Pilihan alat pelindung pendengaran sangat tergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat kebisingan dan kesesuaian alat pelindung pendengaran bagi

14 Juli 2016
Pekerja Muda Rentan Alami Kecelakaan Kerja? Ini yang Harus Dilakukan Safety Supervisor!
Benarkah pekerja muda sangat rentan mengalami kecelakaan kerja? Ya, berdasarkan laporan Workplace Safety and Insurance Board (WSIB), Kanada, lebih dari

Pembayaran

  • BCA
  • No. Rek 777 – 0876553
    An. PT SAFETY SIGN INDONESIA

Tentang Kami

PT Safety Sign Indonesia 

Ruko Maple Kav E
Jl. Raya Gunung Batu No. 201
Bandung 40175
Jawa Barat - Indonesia

  • Phone 1 : 022 8606 5300 
  • Phone 2 : 022 601-0505
  • Mobile 1 : 0817 215 215
  • Mobile 2 : 0811 2257 997
  • Fax       : 022 2003 684 
  • Email    : marketing@safetysign.co.id

fb icon Linkedin

© 2016 Safety Sign Indonesia