Obat Ngantuk Saat Bekerja

23 November 2011

Mengantuk saat bekerja terutama dalam melakukan pekerjaan yang beresiko tinggi adalah hal yang sangat berbahaya bagi keselamatan. Bagi kita yang bekerja di balik meja pun bisa berbahaya apabila mengantuk karena konsentrasi berkurang dan misalnya ketika mengirim email, berpotensi salah melampirkan file atau mengirimkan email kepada orang yang seharusnya tidak mengetahui isi email tersebut.

Ketika mengantuk beberapa rekan kita tentunya akan menyarankan kepada kita agar mencari udara segar di luar kantor, menyalakan musik keras keras, dll. Rekan yang lain akan menyarankan untuk tidur sejenak selama 15-30 menit, karena satu satunya obat ngantuk adalah tidur.  Dan mungkin akan ada rekan Anda yang menyarankan kopi berkafein agar kita tetap terjaga.

Namun apa jadinya apabila malah ada yang  menyarankan meminum kopi berkafein sebagai obat ngantuk kemudian tidur sejenak selama 15-30 menit ?. Padahal justru yang selama ini kita tahu, kopi malah akan membuat kita terjaga sehingga kalau membuat terjaga bagaimana mungkin bisa tidur sejenak selama 15-30 menit ?.

Dalam sebuah artikel di The New York Times, ditulis bahwa dari serangkaian riset para peneliti tentang tidur di Inggris menemukan bahwa meminum secangkir kopi kemudian segera tidur sesaat selama 15 menit lebih efektif daripada hanya tidur sesaat atau meminum kopi saja.

Kenapa demikian ?.  Tidur sesaat membantu otak untuk membersihkan senyawa adenosine penyebab ngantuk. Sedangkan kafein baru akan mulai bereaksi sebagai obat ngantuk 20 menit kemudian setelah dikonsumsi.

Mau coba minum kopi lalu tidur sesaat biar kembali segar untuk bekerja..?

Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah

Sumber: safetyposter.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)

By Kang Aa Widi Safari




Baca juga
19 Oktober 2017
SAFETY STORY: Bimo dan Damar
“Makannya, SAFETY FIRST dong, Bim!” ujarku pada Bimo beberapa hari setelah kejadian itu.

16 Oktober 2017
10 Tanya Jawab Tentang Alat Pelindung Diri (APD) yang Penting Anda Ketahui
Setiap pengusaha atau pemilik perusahaan bertanggung jawab atas penyediaan dan penggunaan APD di tempat kerja.

9 Oktober 2017
7 Kunci Sukses Membangun Budaya Keselamatan di Perusahaan
Budaya keselamatan merupakan interelasi dari tiga elemen, yaitu phsycological (person), behavioral (job) dan system (organization).

2 Oktober 2017
Studi: Asap Kendaraan Bisa Menyebabkan Alzheimer?
Pada 2015, terdapat sekitar 48 juta orang pengidap penyakit Alzheimer di seluruh dunia. Selain faktor genetik, ada unsur lain yang bisa menyebabkan Alzheimer, yakni polusi udara.

14 September 2017
SAFETY STORY: Petaka Menunda-nunda
Saat rapat hampir berakhir, tiba-tiba ada pemberitahuan bahwa telah terjadi kecelakaan kerja dari area konstruksi. Semua peserta rapat terhenyak.