Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
News

Obat Ngantuk Saat Bekerja

23 November 2011

Mengantuk saat bekerja terutama dalam melakukan pekerjaan yang beresiko tinggi adalah hal yang sangat berbahaya bagi keselamatan. Bagi kita yang bekerja di balik meja pun bisa berbahaya apabila mengantuk karena konsentrasi berkurang dan misalnya ketika mengirim email, berpotensi salah melampirkan file atau mengirimkan email kepada orang yang seharusnya tidak mengetahui isi email tersebut.

Ketika mengantuk beberapa rekan kita tentunya akan menyarankan kepada kita agar mencari udara segar di luar kantor, menyalakan musik keras keras, dll. Rekan yang lain akan menyarankan untuk tidur sejenak selama 15-30 menit, karena satu satunya obat ngantuk adalah tidur.  Dan mungkin akan ada rekan Anda yang menyarankan kopi berkafein agar kita tetap terjaga.

Namun apa jadinya apabila malah ada yang  menyarankan meminum kopi berkafein sebagai obat ngantuk kemudian tidur sejenak selama 15-30 menit ?. Padahal justru yang selama ini kita tahu, kopi malah akan membuat kita terjaga sehingga kalau membuat terjaga bagaimana mungkin bisa tidur sejenak selama 15-30 menit ?.

Dalam sebuah artikel di The New York Times, ditulis bahwa dari serangkaian riset para peneliti tentang tidur di Inggris menemukan bahwa meminum secangkir kopi kemudian segera tidur sesaat selama 15 menit lebih efektif daripada hanya tidur sesaat atau meminum kopi saja.

Kenapa demikian ?.  Tidur sesaat membantu otak untuk membersihkan senyawa adenosine penyebab ngantuk. Sedangkan kafein baru akan mulai bereaksi sebagai obat ngantuk 20 menit kemudian setelah dikonsumsi.

Mau coba minum kopi lalu tidur sesaat biar kembali segar untuk bekerja..?

Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah

Sumber: safetyposter.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)

By Kang Aa Widi Safari



Baca juga
  » 28 Agustus 2015
Tips Agar Anak Aman dari Bahaya Listrik di Rumah
Menurut National Fire Protection Association, sekitar 2.400 anak-anak menderita trauma berat dan luka bakar akibat tersengat listrik karena mereka memasukkan tangan ke lubang colokan sumber listrik. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi, sekitar 12 anak-anak meninggal dunia akibat listrik setiap tahunnya.

  » 30 Juli 2015
Kecelakaan Eskalator dan Tips Aman Menggunakannya Bersama Anak
Lengahnya orangtua dalam mengawasi putra putrinya di mall bisa menjadi malapetaka untuk si kecil. Berjalan- jalan ke mall bersama anak memang menyenangkan. Tetapi, semua bisa berubah menjadi tragedi ketika orangtua lengah sehingga anak menjadi korban dalam kecelakaan eskalator.

  » 28 Juli 2015
Mengerikan, Kumpulan Debu Bisa Memicu Ledakan Dahsyat!
Ledakan debu terjadi di sebuah pabrik otomotif, di mana pabrik tersebut menggunakan logam mudah terbakar sebagai bahan mentahnya. Ledakan pertama yang dipicu dari debu logam mudah terbakar tersebut menyelimuti sebagian dari pabrik. Manajemen pabrik akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi dan mulai membersihkan debu- debu yang berada di sekitar pabrik.

  » 27 Juli 2015
Berkaca Dari Kasus PGC, Cegah Penculikan Anak dengan Hal Ini!
Terhitung kasus penculikan anak- anak pada Januari- Juli 2015 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dari tujuh kasus yang dilaporkan ke polisi, tiga di antaranya korbannya adalah anak- anak.

  » 24 Juli 2015
9 Trik Efektif Ciptakan Zero Accident di Tempat Kerja
Tahukah Anda? Berdasarkan data dari International Labour Organization (ILO), satu pekerja di dunia meninggal setiap 15 detik karena kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. ILO juga mencatat, 153 pekerja di dunia mengalami kecelakaan kerja setiap 15 detik.