Obat Ngantuk Saat Bekerja

23 November 2011

Mengantuk saat bekerja terutama dalam melakukan pekerjaan yang beresiko tinggi adalah hal yang sangat berbahaya bagi keselamatan. Bagi kita yang bekerja di balik meja pun bisa berbahaya apabila mengantuk karena konsentrasi berkurang dan misalnya ketika mengirim email, berpotensi salah melampirkan file atau mengirimkan email kepada orang yang seharusnya tidak mengetahui isi email tersebut.

Ketika mengantuk beberapa rekan kita tentunya akan menyarankan kepada kita agar mencari udara segar di luar kantor, menyalakan musik keras keras, dll. Rekan yang lain akan menyarankan untuk tidur sejenak selama 15-30 menit, karena satu satunya obat ngantuk adalah tidur.  Dan mungkin akan ada rekan Anda yang menyarankan kopi berkafein agar kita tetap terjaga.

Namun apa jadinya apabila malah ada yang  menyarankan meminum kopi berkafein sebagai obat ngantuk kemudian tidur sejenak selama 15-30 menit ?. Padahal justru yang selama ini kita tahu, kopi malah akan membuat kita terjaga sehingga kalau membuat terjaga bagaimana mungkin bisa tidur sejenak selama 15-30 menit ?.

Dalam sebuah artikel di The New York Times, ditulis bahwa dari serangkaian riset para peneliti tentang tidur di Inggris menemukan bahwa meminum secangkir kopi kemudian segera tidur sesaat selama 15 menit lebih efektif daripada hanya tidur sesaat atau meminum kopi saja.

Kenapa demikian ?.  Tidur sesaat membantu otak untuk membersihkan senyawa adenosine penyebab ngantuk. Sedangkan kafein baru akan mulai bereaksi sebagai obat ngantuk 20 menit kemudian setelah dikonsumsi.

Mau coba minum kopi lalu tidur sesaat biar kembali segar untuk bekerja..?

Salam Safety untuk Anda dan Keluarga di Rumah

Sumber: safetyposter.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)

By Kang Aa Widi Safari




Baca juga
16 Januari 2017
Swing Fall Hazard, Bahaya Tersembunyi yang Sering Diabaikan Pekerja Saat Bekerja di Ketinggian
Terjatuh dari ketinggian merupakan salah satu jenis kecelakaan yang cukup sering terjadi di hampir semua jenis industri. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari penggunaan alat pelindung jatuh yang tidak tepat atau tidak layak, area kerja yang tidak aman, hingga pekerja mengabaikan prosedur bekerja di ketinggian yang telah ditetapkan.

12 Januari 2017
10 Kebiasaan Ini Sebaiknya Dilakukan Safety Manager Dalam Menerapkan K3 Di Perusahaan
Pemimpin yang memiliki sistem manajemen K3 modern lebih mengutamakan keterlibatan karyawan atau dikenal dengan "bottom up involvment"

9 Januari 2017
Sudah Tepatkah Cara Anda Menggunakan Disposable dan Reusable Respirator? Ini Tipsnya!
Pelindung pernapasan memiliki model dan ukuran yang berbeda. Hal ini akan berpengaruh pada cara penggunaan dan pemeriksaannya ketika digunakan.

3 Januari 2017
Bahaya Getaran Pada Alat Kerja, Pekerja Berisiko Terkena Hand-Arm Vibration Syndrome
Pekerja yang tangannya terpapar alat-alat kerja yang bergetar dalam jangka waktu yang cukup lama berpotensi besar mengalami gangguan fungsi tangan, salah satunya hand-arm vibration syndrome (HAVS). Jika dibiarkan, para pekerja yang tangannya terpapar alat-alat tersebut bisa mengalami kerusakan pembuluh darah, kehilangan sensoris secara permanen, kerusakan tulang dan otot menjadi lemah.

3 Januari 2017
7 Poin Penting Tentang Izin Kerja (Work Permit) yang Harus Diketahui Pekerja dan Supervisor
Mengapa pekerja perlu membuat surat izin kerja sebelum memasuki atau melaksanakan pekerjaan berbahaya? Siapa yang berwenang mengeluarkan izin kerja? Jenis pekerjaan apa saja yang memerlukan izin kerja? Berapa lama masa berlaku surat izin kerja?

Pembayaran

  • BCA
  • No. Rek 777 – 0876553
    An. PT SAFETY SIGN INDONESIA

Tentang Kami

PT Safety Sign Indonesia 

Ruko Maple Kav E
Jl. Raya Gunung Batu No. 201
Bandung 40175
Jawa Barat - Indonesia

  • Phone 1 : 022 8606 5300 
  • Phone 2 : 022 601-0505
  • Mobile 1 : 0817 215 215
  • Mobile 2 : 0811 2257 997
  • Fax       : 022 2003 684 
  • Email    : marketing@safetysign.co.id

fb icon Linkedin

© 2016 Safety Sign Indonesia