5 Cara Menumbuhkan Tanggung Jawab Karyawan terhadap Keselamatan Kerja di Perusahaan Anda

11 Juni 2013

Apa jawaban para karyawan ketika ditanya “Siapa yang bertanggungjawab atas keselamatan kerja di perusahaan ini? ”

Sudut pandang dalam artikel ini adalah upaya untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan terhadap keselamatan kerja masing masing.

Bagaimana cara untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan terhadap keselamatan kerja masing masing, sehingga tidak ada lagi yang berkata “kecelakaan kerja tidak akan terjadi pada saya” atau “keselamatan kerja di perusahaan ini tanggungjawab perusahaan saja dan bukan tanggungjawab karyawan” ?

 

1. Menerapkan  sebutan identitas perusahaan kepada karyawan. Misalnya jika nama perusahaannya global, maka karyawannya menamakan diri mereka “Global Mania”, karyawan PT. Prima disebut “Primer”, karyawan PT. Santosa disebut “Santosa Super Team”, dsb, silahkan sesuai kreativitas perusahaan. Sehingga misalnya mereka ketika berikrar mereka berkata  ”Global Mania akan mengutamakan keselamatan kerja dalam setiap aktivitas di dalam maupun di luar perusahaan”.

 

2. Memberikan kesempatan seluas luasnya kepada seluruh karyawan dari berbagai level, agar terbiasa untuk mengungkapkan semua permasalahan dan pendapat, termasuk dalam hal keselamatan kerja. Dari budaya kerja yang terbuka tersebut, tanpa disadari, setiap orang akan berbicara tentang keselamatan kerja. Darisanalah sebuah awal proses penyadaran akan tanggungjawab terhadap keselamatan kerja masing masing.

 

3. Sosialisasikan pada semua karyawan bahwa “zero accident”  itu sangat mungkin untuk dicapai, sehingga setiap karyawan yang bersikap pesimis harus segera diberi pengertian dengan baik.

 

4. Kondisikan agar para supervisor memiliki sikap yang ramah dan komunikatif terhadap tim nya masing masing. Studi menunjukkan bahwa hubungan yang baik antara supervisor dan anggota tim nya dapat meningkatkan prestasi keselamatan kerja perusahaan.

 

 5. Undang pembicara atau korban kecelakaan kerja untuk memberikan ceramah mengenai keselamatan kerja dan kisah penyebab dan akibat dari kecelakaan kerja. Hal tersebut adalah upaya pendekatan emosional pada karyawan terutama bagi mereka yang masih berprinsip bahwa “kecelakaan kerja tidak akan terjadi pada saya”.

 

Anda memiliki cara lain untuk menumbuhkan Tanggung Jawab Karyawan terhadap Keselamatan Kerja ?

Ayo berbagi untuk kesuksesan kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan kerja kita.

Salam Safety

Sumber: www.SafetySign.co.id

Yuk gabung di halaman FB kami: http://www.facebook.com/PTSafetySignIndonesia

Untuk berbagai info safety via twitter, follow kami di @SafetySignIndo




Baca juga
16 Januari 2017
Swing Fall Hazard, Bahaya Tersembunyi yang Sering Diabaikan Pekerja Saat Bekerja di Ketinggian
Terjatuh dari ketinggian merupakan salah satu jenis kecelakaan yang cukup sering terjadi di hampir semua jenis industri. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari penggunaan alat pelindung jatuh yang tidak tepat atau tidak layak, area kerja yang tidak aman, hingga pekerja mengabaikan prosedur bekerja di ketinggian yang telah ditetapkan.

12 Januari 2017
10 Kebiasaan Ini Sebaiknya Dilakukan Safety Manager Dalam Menerapkan K3 Di Perusahaan
Pemimpin yang memiliki sistem manajemen K3 modern lebih mengutamakan keterlibatan karyawan atau dikenal dengan "bottom up involvment"

9 Januari 2017
Sudah Tepatkah Cara Anda Menggunakan Disposable dan Reusable Respirator? Ini Tipsnya!
Pelindung pernapasan memiliki model dan ukuran yang berbeda. Hal ini akan berpengaruh pada cara penggunaan dan pemeriksaannya ketika digunakan.

3 Januari 2017
Bahaya Getaran Pada Alat Kerja, Pekerja Berisiko Terkena Hand-Arm Vibration Syndrome
Pekerja yang tangannya terpapar alat-alat kerja yang bergetar dalam jangka waktu yang cukup lama berpotensi besar mengalami gangguan fungsi tangan, salah satunya hand-arm vibration syndrome (HAVS). Jika dibiarkan, para pekerja yang tangannya terpapar alat-alat tersebut bisa mengalami kerusakan pembuluh darah, kehilangan sensoris secara permanen, kerusakan tulang dan otot menjadi lemah.

3 Januari 2017
7 Poin Penting Tentang Izin Kerja (Work Permit) yang Harus Diketahui Pekerja dan Supervisor
Mengapa pekerja perlu membuat surat izin kerja sebelum memasuki atau melaksanakan pekerjaan berbahaya? Siapa yang berwenang mengeluarkan izin kerja? Jenis pekerjaan apa saja yang memerlukan izin kerja? Berapa lama masa berlaku surat izin kerja?

Pembayaran

  • BCA
  • No. Rek 777 – 0876553
    An. PT SAFETY SIGN INDONESIA

Tentang Kami

PT Safety Sign Indonesia 

Ruko Maple Kav E
Jl. Raya Gunung Batu No. 201
Bandung 40175
Jawa Barat - Indonesia

  • Phone 1 : 022 8606 5300 
  • Phone 2 : 022 601-0505
  • Mobile 1 : 0817 215 215
  • Mobile 2 : 0811 2257 997
  • Fax       : 022 2003 684 
  • Email    : marketing@safetysign.co.id

fb icon Linkedin

© 2016 Safety Sign Indonesia