Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
News

5 Cara Menumbuhkan Tanggung Jawab Karyawan terhadap Keselamatan Kerja di Perusahaan Anda

11 Juni 2013

Apa jawaban para karyawan ketika ditanya “Siapa yang bertanggungjawab atas keselamatan kerja di perusahaan ini? ”

Sudut pandang dalam artikel ini adalah upaya untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan terhadap keselamatan kerja masing masing.

Bagaimana cara untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan terhadap keselamatan kerja masing masing, sehingga tidak ada lagi yang berkata “kecelakaan kerja tidak akan terjadi pada saya” atau “keselamatan kerja di perusahaan ini tanggungjawab perusahaan saja dan bukan tanggungjawab karyawan” ?

 

1. Menerapkan  sebutan identitas perusahaan kepada karyawan. Misalnya jika nama perusahaannya global, maka karyawannya menamakan diri mereka “Global Mania”, karyawan PT. Prima disebut “Primer”, karyawan PT. Santosa disebut “Santosa Super Team”, dsb, silahkan sesuai kreativitas perusahaan. Sehingga misalnya mereka ketika berikrar mereka berkata  ”Global Mania akan mengutamakan keselamatan kerja dalam setiap aktivitas di dalam maupun di luar perusahaan”.

 

2. Memberikan kesempatan seluas luasnya kepada seluruh karyawan dari berbagai level, agar terbiasa untuk mengungkapkan semua permasalahan dan pendapat, termasuk dalam hal keselamatan kerja. Dari budaya kerja yang terbuka tersebut, tanpa disadari, setiap orang akan berbicara tentang keselamatan kerja. Darisanalah sebuah awal proses penyadaran akan tanggungjawab terhadap keselamatan kerja masing masing.

 

3. Sosialisasikan pada semua karyawan bahwa “zero accident”  itu sangat mungkin untuk dicapai, sehingga setiap karyawan yang bersikap pesimis harus segera diberi pengertian dengan baik.

 

4. Kondisikan agar para supervisor memiliki sikap yang ramah dan komunikatif terhadap tim nya masing masing. Studi menunjukkan bahwa hubungan yang baik antara supervisor dan anggota tim nya dapat meningkatkan prestasi keselamatan kerja perusahaan.

 

 5. Undang pembicara atau korban kecelakaan kerja untuk memberikan ceramah mengenai keselamatan kerja dan kisah penyebab dan akibat dari kecelakaan kerja. Hal tersebut adalah upaya pendekatan emosional pada karyawan terutama bagi mereka yang masih berprinsip bahwa “kecelakaan kerja tidak akan terjadi pada saya”.

 

Anda memiliki cara lain untuk menumbuhkan Tanggung Jawab Karyawan terhadap Keselamatan Kerja ?

Ayo berbagi untuk kesuksesan kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan kerja kita.

Salam Safety

Sumber: www.SafetySign.co.id

Yuk gabung di halaman FB kami: http://www.facebook.com/PTSafetySignIndonesia

Untuk berbagai info safety via twitter, follow kami di @SafetySignIndo



Baca juga
  » 28 Juli 2015
Mengerikan, Kumpulan Debu Bisa Memicu Ledakan Dahsyat!
Ledakan debu terjadi di sebuah pabrik otomotif, di mana pabrik tersebut menggunakan logam mudah terbakar sebagai bahan mentahnya. Ledakan pertama yang dipicu dari debu logam mudah terbakar tersebut menyelimuti sebagian dari pabrik. Manajemen pabrik akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi dan mulai membersihkan debu- debu yang berada di sekitar pabrik.

  » 27 Juli 2015
Berkaca Dari Kasus PGC, Cegah Penculikan Anak dengan Hal Ini!
Terhitung kasus penculikan anak- anak pada Januari- Juli 2015 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dari tujuh kasus yang dilaporkan ke polisi, tiga di antaranya korbannya adalah anak- anak.

  » 24 Juli 2015
9 Trik Efektif Ciptakan Zero Accident di Tempat Kerja
Tahukah Anda? Berdasarkan data dari International Labour Organization (ILO), satu pekerja di dunia meninggal setiap 15 detik karena kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. ILO juga mencatat, 153 pekerja di dunia mengalami kecelakaan kerja setiap 15 detik.

  » 15 Juli 2015
Tips Menghemat Listrik Selama Mudik
Saat mudik lebaran, mayoritas rumah akan ditinggalkan oleh penghuninya dalam keadaan kosong selama berhari-hari. Meski kosong, pastikan listrik di rumah tetap dalam posisi ON selama mudik. Nah, bila listrik tetap ON, bagaimana jika tagihan listrik malah membengkak selama ditinggal mudik?

  » 15 Juli 2015
Pentingnya Berkendara di Jam Biologis Saat Puasa
Di bulan puasa, konsentrasi lebih memang dibutuhkan saat berkendara. Pasalnya, saat puasa tubuh mengalami dehidrasi yang memengaruhi konsentrasi. Nah, agar berkendara aman dan lancar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengemudi yang berpuasa. Salah satunya, pengemudi sebaiknya memilih berkendara di jam biologis.