HAL-HAL PALING PENTING KETIKA BERKENDARAAN

11 November 2013

Keselamatan di jalan adalah topik yang sangat penting bagi pengendara segala usia. Sementara banyak orang berpikir bahwa pengendara usia muda adalah yang paling berbahaya (dan studi menunjukkan bahwa mereka adalah yang paling mungkin untuk mengalami kecelakaan). Berikut adalah beberapa hal yang paling penting untuk Anda perhatikan ketika berkendara:

SMS-an ketika Mengemudi : SMS-an saat mengemudi sangat berbahaya – Anda bisa hilang fokus terhadap jalan sepenuhnya. Ini dikaitkan dengan puluhan ribu kecelakaan dan kematian, dan sejumlah studi telah menunjukkan bahwa SMS saat Anda berada di belakang kemudi sebenarnya lebih berbahaya daripada “minum” sambil mengemudi.

Berbicara di Telepon : Kebanyakan orang berpikir bahwa SMS-an sambil mengemudi adalah berbahaya, tapi menelpon tidak masalah, itu tidak benar. Jika Anda menelpon sambil mengemudi, Anda sama dengan membagi konsentrasi Anda menjadi dua dan cara mengemudi seperti itu sangat berbahaya. Letakan ponsel Anda, dan konsentrasilah dalam berkendara. Ingat, meskipun anda menelpon dengan menggunakan sistem “Hands-free”, Itu tetap berbahaya.

Makan Sambil Mengemudi : Apakah Anda adalah salah satu orang yang sering memakan makanan cepat saji ketika berkendara? Jika demikian, saatnya untuk meletakkan makanan anda dan letakkan kedua tangan di setir. Makan adalah hal yang bisa sangat mengganggu Anda - menumpahkan bumbu, roti yang terjatuh dan minuman tumpah, semua itu bisa menjadi bencana. Jika Anda memang butuh untuk makan di dalam kendaraan Anda, baiknya makanlah dengan keadaan mobil berhenti.

Perlahan dan Tetap Waspada : Sangat sering pengendara menjadi tidak peka terhadap bahaya ketika berada di jalan. Anda harus ingat, bahwa kendaraan anda adalah sebuah mesin yang bisa jadi sangat berbahaya, belum lagi ada banyak pengendara lain di sekitar Anda. Tetaplah waspada ketika berkendara meskipun keadaan jalan dalam kondisi yang sepi, dan turunkan kecepatan kendaraan Anda ketika Anda berada di jalan dengan pengendara lain di sekitar Anda.

Menumbuhkan Rasa Perhatian : Hal yang paling penting adalah untuk menumbuhkan perasaan berhati-hati ketika berada di jalan. Potensi bahaya, kecelakaan dan bahkan kematian cukup tinggi bahkan meskipun Anda tidak ber-SMS, tidak Menelpon, maupun tidak makan.

Mengemudilah dengan selamat, hindari hal-hal yang dapat membahayakan diri Anda dan orang lain. Selalu waspada, dan jangan lupa membawa surat-surat penting ketika berkendara.

"Nah, Sobat Pro Safety. Apakah menurut Anda ada hal-hal penting lainnya lagi? Yuk, berbagi bersama kami"

Sumber: www.SafetySign.co.id

By Inga Kananga




Baca juga
2 Agustus 2018
SAFETY STORY: Keselamatan Kerja Adalah Perkara Bersama
Merasa masih ragu dengan pekerjaan yang harus dilakukannya, Natsir mencoba bertanya pada rekan kerjanya. Sayang, di antara mereka tidak ada satu pun yang bisa memberi jawaban.

31 Juli 2018
6 Langkah Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko Sesuai Standar OSHA
Menurut OSHA, unsur penting dalam setiap program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang efektif adalah melaksanakan identifikasi bahaya dan penilaian risiko yang proaktif dan berkelanjutan.

26 Juli 2018
SAFETY STORY: Berseteru dengan Anak Baru
Manajer yang baik harus mampu memberikan pengertian dan contoh yang baik untuk semua peraturan kepada semua pekerja tanpa kecuali.

19 Juli 2018
Keselamatan Bekerja Sendirian (Lone Worker), Pahami Bahaya dan Pengendaliannya!
Pada dasarnya, setiap pengurus memiliki tanggung jawab untuk melindungi seluruh pekerja terlepas dari apakah mereka bekerja didampingi rekan kerja lain atau sendirian (lone worker)

12 Juli 2018
SAFETY STORY: Jay dan Lift yang Terjatuh
Kali belum merasa belum puas dengan jawaban yang dilontarkan Jay. Penjelasan itu dirasa terlalu singkat untuk mendeskripsikan sebuah kejadian penyelamatan diri dari kecelakaan yang tidak bisa dianggap biasa-biasa saja, bahkan cenderung mengerikan.