HAL-HAL PALING PENTING KETIKA BERKENDARAAN

11 November 2013

Keselamatan di jalan adalah topik yang sangat penting bagi pengendara segala usia. Sementara banyak orang berpikir bahwa pengendara usia muda adalah yang paling berbahaya (dan studi menunjukkan bahwa mereka adalah yang paling mungkin untuk mengalami kecelakaan). Berikut adalah beberapa hal yang paling penting untuk Anda perhatikan ketika berkendara:

SMS-an ketika Mengemudi : SMS-an saat mengemudi sangat berbahaya – Anda bisa hilang fokus terhadap jalan sepenuhnya. Ini dikaitkan dengan puluhan ribu kecelakaan dan kematian, dan sejumlah studi telah menunjukkan bahwa SMS saat Anda berada di belakang kemudi sebenarnya lebih berbahaya daripada “minum” sambil mengemudi.

Berbicara di Telepon : Kebanyakan orang berpikir bahwa SMS-an sambil mengemudi adalah berbahaya, tapi menelpon tidak masalah, itu tidak benar. Jika Anda menelpon sambil mengemudi, Anda sama dengan membagi konsentrasi Anda menjadi dua dan cara mengemudi seperti itu sangat berbahaya. Letakan ponsel Anda, dan konsentrasilah dalam berkendara. Ingat, meskipun anda menelpon dengan menggunakan sistem “Hands-free”, Itu tetap berbahaya.

Makan Sambil Mengemudi : Apakah Anda adalah salah satu orang yang sering memakan makanan cepat saji ketika berkendara? Jika demikian, saatnya untuk meletakkan makanan anda dan letakkan kedua tangan di setir. Makan adalah hal yang bisa sangat mengganggu Anda - menumpahkan bumbu, roti yang terjatuh dan minuman tumpah, semua itu bisa menjadi bencana. Jika Anda memang butuh untuk makan di dalam kendaraan Anda, baiknya makanlah dengan keadaan mobil berhenti.

Perlahan dan Tetap Waspada : Sangat sering pengendara menjadi tidak peka terhadap bahaya ketika berada di jalan. Anda harus ingat, bahwa kendaraan anda adalah sebuah mesin yang bisa jadi sangat berbahaya, belum lagi ada banyak pengendara lain di sekitar Anda. Tetaplah waspada ketika berkendara meskipun keadaan jalan dalam kondisi yang sepi, dan turunkan kecepatan kendaraan Anda ketika Anda berada di jalan dengan pengendara lain di sekitar Anda.

Menumbuhkan Rasa Perhatian : Hal yang paling penting adalah untuk menumbuhkan perasaan berhati-hati ketika berada di jalan. Potensi bahaya, kecelakaan dan bahkan kematian cukup tinggi bahkan meskipun Anda tidak ber-SMS, tidak Menelpon, maupun tidak makan.

Mengemudilah dengan selamat, hindari hal-hal yang dapat membahayakan diri Anda dan orang lain. Selalu waspada, dan jangan lupa membawa surat-surat penting ketika berkendara.

"Nah, Sobat Pro Safety. Apakah menurut Anda ada hal-hal penting lainnya lagi? Yuk, berbagi bersama kami"

Sumber: www.SafetySign.co.id

By Inga Kananga




Baca juga
21 Juni 2018
SAFETY STORY: Oleh-oleh Lebaran untuk Bajang
Tiba-tiba Bajang merasa sangat lemas. Beberapa detik kemudian, Bajang terjatuh dan tidak sadarkan diri. Rekan-rekan kantor langsung membawanya ke rumah sakit.

14 Juni 2018
SAFETY STORY: Hari Pertemuan Sekaligus Perpisahan
Motor Lantip yang melaju cukup kencang di sisi kiri lambat laun mengarah ke tengah. Hal itu tidak disadari karena dalam waktu sepersekian detik, Lantip ternyata tertidur. Di saat bersamaan, sebuah mobil berkecepatan tinggi menyalip. Mobil itu melewati motor yang dikendarai Lantip sambil membunyikan klakson.

12 Juni 2018
Kebakaran Pabrik Cokelat hingga PRJ, Bukti Lemahnya Penerapan Prosedur Keselamatan Kebakaran
Dalam satu pekan terakhir, kebakaran telah melalap sejumlah pabrik di Kabupaten Bandung dan salah satu gedung bertingkat di Jakarta.

11 Juni 2018
[INFOGRAFIS] BAHAYA MICROSLEEP SAAT MENGEMUDI DAN TIPS MENCEGAHNYA
Saat periode microsleep terjadi, sebagian sel otak 'tertidur' untuk sesaat. Karena hanya berlangsung sangat singkat, serangan microsleep kerap tidak disadari pengemudi.

7 Juni 2018
SAFETY STORY: Selamatkan Diri dari Api
Di tengah kepanikan akibat kobaran api yang makin meluas, tiba-tiba terdengar suara ledakan yang cukup besar dari ruangan sekitar sumber api. Tidak tahu apa yang menjadi sebabnya, yang jelas suasana gedung yang terbakar jadi kian mencekam.