HAL-HAL PALING PENTING KETIKA BERKENDARAAN

11 November 2013

Keselamatan di jalan adalah topik yang sangat penting bagi pengendara segala usia. Sementara banyak orang berpikir bahwa pengendara usia muda adalah yang paling berbahaya (dan studi menunjukkan bahwa mereka adalah yang paling mungkin untuk mengalami kecelakaan). Berikut adalah beberapa hal yang paling penting untuk Anda perhatikan ketika berkendara:

SMS-an ketika Mengemudi : SMS-an saat mengemudi sangat berbahaya – Anda bisa hilang fokus terhadap jalan sepenuhnya. Ini dikaitkan dengan puluhan ribu kecelakaan dan kematian, dan sejumlah studi telah menunjukkan bahwa SMS saat Anda berada di belakang kemudi sebenarnya lebih berbahaya daripada “minum” sambil mengemudi.

Berbicara di Telepon : Kebanyakan orang berpikir bahwa SMS-an sambil mengemudi adalah berbahaya, tapi menelpon tidak masalah, itu tidak benar. Jika Anda menelpon sambil mengemudi, Anda sama dengan membagi konsentrasi Anda menjadi dua dan cara mengemudi seperti itu sangat berbahaya. Letakan ponsel Anda, dan konsentrasilah dalam berkendara. Ingat, meskipun anda menelpon dengan menggunakan sistem “Hands-free”, Itu tetap berbahaya.

Makan Sambil Mengemudi : Apakah Anda adalah salah satu orang yang sering memakan makanan cepat saji ketika berkendara? Jika demikian, saatnya untuk meletakkan makanan anda dan letakkan kedua tangan di setir. Makan adalah hal yang bisa sangat mengganggu Anda - menumpahkan bumbu, roti yang terjatuh dan minuman tumpah, semua itu bisa menjadi bencana. Jika Anda memang butuh untuk makan di dalam kendaraan Anda, baiknya makanlah dengan keadaan mobil berhenti.

Perlahan dan Tetap Waspada : Sangat sering pengendara menjadi tidak peka terhadap bahaya ketika berada di jalan. Anda harus ingat, bahwa kendaraan anda adalah sebuah mesin yang bisa jadi sangat berbahaya, belum lagi ada banyak pengendara lain di sekitar Anda. Tetaplah waspada ketika berkendara meskipun keadaan jalan dalam kondisi yang sepi, dan turunkan kecepatan kendaraan Anda ketika Anda berada di jalan dengan pengendara lain di sekitar Anda.

Menumbuhkan Rasa Perhatian : Hal yang paling penting adalah untuk menumbuhkan perasaan berhati-hati ketika berada di jalan. Potensi bahaya, kecelakaan dan bahkan kematian cukup tinggi bahkan meskipun Anda tidak ber-SMS, tidak Menelpon, maupun tidak makan.

Mengemudilah dengan selamat, hindari hal-hal yang dapat membahayakan diri Anda dan orang lain. Selalu waspada, dan jangan lupa membawa surat-surat penting ketika berkendara.

"Nah, Sobat Pro Safety. Apakah menurut Anda ada hal-hal penting lainnya lagi? Yuk, berbagi bersama kami"

Sumber: www.SafetySign.co.id

By Inga Kananga




Baca juga
18 Oktober 2018
SAFETY STORY: Belajar Mencuci Tangan dengan Benar
Pertama, basuh tangan, tuangkan sabun, dan gosok telapak tangan sambil meratakan sabun ke seluruh permukaan tangan. Kedua, gosok bagian punggung tangan secara bergantian. Ketiga, gosok sela-sela jari.

11 Oktober 2018
Tidak Boleh Asal Pakai, Ini Cara Tepat Menggunakan Earmuff!
Dibanding earplug, earmuff dapat memberikan perlindungan lebih besar dan lebih konsisten. Dari segi penggunaan, earmuff lebih mudah digunakan dan disesuaikan, umumnya lebih tahan lama daripada earplug.

8 Oktober 2018
Bagaimana Cara Membuat Laporan Kecelakaan Kerja yang Benar? Ini 5 Langkah yang Tidak Boleh Diabaikan
Kecelakaan kerja baik kategori minor maupun mayor harus dicatat, dilaporkan dan dibuat laporannya untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki tindakan pencegahan kecelakaan terbaru dan risiko terjadinya kecelakaan serupa terulang kembali dapat diminimalkan.

4 Oktober 2018
SAFETY STORY: Hemat Energi untuk Bumi yang Lebih Baik
Menurut riset, gedung perkantoran termasuk salah satu pengonsumsi listrik terbesar

1 Oktober 2018
Kelelahan Ekstrem Akibat Kerja (Fatigue), Apa Efeknya Bagi Pekerja dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Hampir 40 persen pekerja di Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka mengalami kelelahan akibat kerja, yang berdampak pada penurunan produktivitas, peningkatan kecelakaan kerja dan peningkatan angka absensi. – National Safety Council (NSC)